PENYULUHAN BAHAYA ASAP BAGI PEREMPUAN

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Rabu, 08 Juli 2020

PENYULUHAN BAHAYA ASAP BAGI PEREMPUAN



Beranda Perempuan dan Serikat Perempuan Indonesia (Seruni) Jambi meyelenggarakan peyuluhan dampak Asap terhadap kesehatan dan cek kesehatan gratis untuk ibu-ibu petani sayur di RT.28, Paalmerah, Jambi pada hari Sabtu (26/09), bertempat di Paud Embun Pagi.

Hampir dua bulan asap pekat melanda Jambi telah menganggu kesehatan masyarakat – utamanya kalangan menengah ke bawah. Penderita ISPA terus meningkat: mencapai 10.058, menyasar kelompok yang paling rentan, yakni perempuan, ibu hamil dan anak-anak.

Kenyataan tersebut membuat Rezky, Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi tergerak untuk berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai bahaya asap bagi tubuh, berikut cara pencegahannya.
“Kabut Asap bisa memperburuk Asma dan Peyakit Kronis Obstruktif Kronik (PPOK). Bagi ibu hamil, terpapar Asap bisa mengakibatkan bayi lahir prematur karena kurangnya asupan oksigen,” sebutnya.

Rezky menambahkan, upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan banyak minum air putih, dan jika keluar mengunakan masker tipe N95 yang memenuhi standar. “Masker yang banyak kita gunakan masih belum bisa menangkal partikel debu,” tambahnya.

Zubaidah, Koordinator Beranda Perempuan menjelaskan bahwa Jambi saat ini dalam kondisi darurat asap. Seharusnya pemerintah segera meyelamatkan warganya dengan jalan memberikan hukuman seberat-beratnya, serta mencabut izin Perusahaan HTI dan perkebunan sawit yang membakar lahan.

“Ini sangat membahayakan. Pemerintah wajib memberikan jaminan kesehatan gratis bagi penderita ISPA. Dirikan posko kesehatan di kawasan yang rawan asap,” ungkap Zubaidah.

Di Sela-sela peyuluhan tersebut, 30 orang peserta peyuluhan yang mayoritas ibu-ibu satu persatu memeriksa kesehatan yang di fasilitasi oleh Mona, Mahasiswa Akbid Budi Mulya Jambi. Mereka banyak mengeluhkan kepala pusing dan mata terasa perih.

Di akhir acara, secara simbolik Sariah selaku ketua organisasi Seruni Jambi memberikan delapan ikat sayur sawi kepada Rezky dan Mona, sebagai ungkapan terima kasih atas kerelaannya telah berbagi informasi dan pengetahuan kepada ibu-ibu di kampungnya.

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage