Profil Beranda Perempuan

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Sabtu, 29 Februari 2020

Profil Beranda Perempuan


Tentang Kami

Beranda Perempuan didirikan sejak tahun 2010 telah memiliki Badan Hukum Yayasan Pada Nomor Notaris IM. Oka Mahendra NR,S.H, M, kn. dengan Nomor AHU-0416.ah.02.01.2010.

Beranda Perempuan lahir sebagai respon terhadap tindakan Kekerasan berbasis gender (GBV) yang merupakan ekspresi paling ekstrim dari hubungan gender yang tidak setara dalam masyarakat. Berakibat pada pembatasan perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam sosial, ekonomi dan politik. 

Beranda Perempuan memandang kekerasan berbasis gender, akan semakin memburuk pada praktik kemunduran/sumber daya alam yang menurunkan daya hidup masyarakat termasuk dalam kaitannya kepemilikan, akses dan pengunaan manfaat dari sumber daya alam. 

Karena itu, alih-alih memperlakukan GBV sebagai masalah yang terpisah dan terisolasi, harus ditempatkan dalam konteks problem struktural dengan menjadikan korban sebagai penyintas, aktor dan agen perubahan dengan fokus pada pemberdayaan perempuan dan anak perempuan. 

Untuk itu dibutuhkan serangkain pengorganisasian berbasis komunitas dengan pintu masuk melalui intervensi program ekonomi, layanan kesehatan reproduksi, pendampingan korban dan pendidikan akses tata kelola sumber daya alam sebagai upaya untuk mengatasi dan mengurangi resiko kekerasan berbasis gender.

 

Visi

 "Terciptanya gerakan perempuan sebagai gerakan sosial demi mewujudkan masyarakat yang Demokratis, berkeadilan gender dan anti kekerasan"



Misi 

1. Memperjuangkan pengakuan hak-hak perempuan dan komunitas dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkeadilan dan lestari, hak atas kesehatan dan lingkungan yang aman serta penghidupan yang berkelanjutan. 

2. Mempromosikan pengetahuan dan pengalaman komunitas masyarakat dan perempuan dalam pengelolaan sumberdaya alam berdasarkan tradisi dan kearifan lokal. 

3. Meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan berbasis gender dalam relasi personal dan relasi negara. 

4. Membangun jaringan kerja dengan aktor-aktor sosial di berbagai level dalam rangka mendukung kerja-kerja Beranda Perempuan

 STRUKTUR ORGANISASI

Pendiri Yayasan Beranda Perempuan

Beranda Perempuan diatur Dewan yang terdiri dari individu-individu yang bertindak dalam kapasitas pribadi mereka. Dewan adalah institusi yang ikut menyusun dan menyetujui arah perencanaan dan program serta memantau tata kelola keuangan organisasi


Eksekutif

Eksekutif adalah tim kerja yang bertugas melaksanakan program kerja harian organisasi. Tim kerja akan berkonsultasi dan bertanggung jawab langsung kepada dewan. Dengan keberagaman, Beranda Perempuan berfungsi secara kolektif dengan sistem manajemen horizontal dan pengambilan keputusan secara partisipatif.


Tim Relawan Save Our Sister’s

Aliansi Save Our Sister adalah Aliansi beranggotakan Seniman, Advokat, Wartawan, Dosen peyintas. Aliansi yang dipimpin oleh Beranda Perempuan ini memiliki keanggotaan yang bersifat cair dalam kegiatan kampaye dan pendampingan untuk mendukung korban kekerasan berbasis Gender


Para Anggota

1. Jon Afrizal ( Jurnalis Jakarta Post)
2. Ruddiyah ( Dosen Psikilogi Unja) 
3. Wenny R ( Akademisi) 
4. Neneng Suminar (Peyintas ) 
5. Ratna Dewi (Seniman dan peneliti) 
6. Qoqom ( Tokoh Agama Rohima) 
7. Sigit (Dosen Fak Hukum)


Office Addres
Jl. Sunan giri Lrg Ambarawa No 12 A Kel Simp III Sipin Kec. Kotabaru Kota Jambi
Email beranda.perempuan@gmail.com Website berandaperempuan.org
Website: berandaperempuan.org

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage